Kotabaru – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan sedang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Evaluasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilihan Umum 2019. Bertempat di Hotel Grand Surya Kotabaru. Kegiatan yang berlangsung dari 3 hari dari Hari ini, Senin (8/7/19) sampai Rabu (10/7/19).

Kegiatan yang mengundang Ketua dan Anggota, Koordinator Sekretariat serta 2 Orang Staff Penyelesaian Sengeketa (Hukum dan Penindakan Pelanggaran) Bawaslu Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan. Erna Kasypiah selaku Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan “Provinsi Kalimantan Selatan ada 10 Proses Permohonan Sengketa, dimana nanti hari Jum’at (12/7/19) akan diadakan pembacaaan sidang pemeriksaan pendahuluan terkait dengan Gugatan/Permohonan Sengketa”

“Dan yang menjadi indikator keberhasilan pelaksanaan mekanisme sengketa Pemilu, yakni meningkatnya pemahaman Peserta Pemilu terhadap mekanisme sengketa pemilu di Bawaslu, Banyaknya kasus yang selesai sampai dengan tahapan mediasi, Tidak adanya (pemohon/termohon) yang melanjutkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN)” Lanjut Erna Kasypiah.