Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru telah mengumumkan Data Calon Sementara (DCS) untuk Pemilihan Umum 2024. Dari 24 partai nasional yang terdaftar, KPU Kota Banjarbaru telah menetapkan 351 Bacaleg yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) untuk bertarung dalam pemilu mendatang. Penetapan ini menjadi tonggak awal menuju proses pemilu yang transparan dan partisipatif di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Rozi Maulana, Kepala KPU Kota Banjarbaru, mengungkapkan bahwa setelah penetapan DCS ini, masyarakat Kota Banjarbaru diberikan kesempatan untuk menyampaikan masukan dan tanggapan mereka terhadap Bacaleg yang telah ditetapkan. Proses ini akan berlangsung mulai tanggal 19 Agustus hingga 28 Agustus 2023. Masyarakat dapat mengirimkan masukan dan tanggapan mereka melalui situs web resmi Info Pemilu KPU (https://infopemilu.kpu.go.id), atau dengan datang langsung ke kantor KPU Kota Banjarbaru. Hal ini merupakan langkah penting dalam memastikan integritas dan kualitas calon legislatif yang akan mewakili Kota Banjarbaru di tingkat nasional dan daerah.

Bawaslu Kota Banjarbaru juga turut aktif dalam mengawasi tahapan pemilu ini. Mereka akan memulai proses pengawasan terhadap DCS dan tahapan selanjutnya, termasuk pengajuan pengganti calon sementara dan verifikasi. Masyarakat diharapkan untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan masukan serta memantau proses ini, sehingga pemilu yang akan datang dapat berlangsung dengan adil, transparan, dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Tahapan terakhir dari seleksi Bacaleg adalah penetapan Data Calon tetap pada tanggal 4 November 2023, yang akan menjadi momen penentuan bagi Kota Banjarbaru dalam menentukan perwakilannya di lembaga legislatif.