Banjarbaru, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Banjarbaru – Melihat maraknya Alat Peraga Sosialiasi (APS) Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang terpasang di ruas-ruas jalan, Bawaslu Kota Banjarbaru memandang perlu menyamakan persepsi terkait APS dengan para stakeholder.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru Nor Ikhsan dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Penanganan Logistik Pemilu Tahun 2024 di Banjarbaru, Minggu (12/11/2023).

Bawaslu Kota Banjarbaru sendiri telah menerima data terkait baliho yang ada di seluruh kecamatan dari jajaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kota Banjarbaru. Saat ini, data tersebut tengah dikaji untuk melihat dugaan pelanggaran berupa adanya unsur kampanye dalam baliho.

Bawaslu telah memberikan imbauan kepada Partai Politik untuk APS yang tidak mematuhi peraturan yang berlaku.

“Karena belum memasuki masa kampanye, upaya yang kami lakukan sekarang adalah upaya pencegahan korespondensi berupa surat imbauan kepada para Partai Politik untuk secara mandiri menertibkan Alat Peraga Sosialisasinya yang menyerupai Alat Peraga Kampanye,” jelas Bahrani Anggota Bawaslu Kota Banjarbaru.

“Koordinasi ini juga merupakan salah satu upaya pencegahan lain yang dilakukan oleh Bawaslu, melalui penguatan kelembagaan bersama stakeholder,” lanjutnya.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh Kejaksaan Negeri Banjarbaru, Kodim 1006 Martapura, Polres Banjarbaru, Satpol PP Kota Banjarbaru, Badan Kesbangpol Kota Banjarbaru, Dinas Kominfo Banjarbaru, Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru, Dinas Perumahan & Pemukiman Kota Banjarbaru, serta Ketua Panwaslu Kecamatan se-Kota Banjarbaru. Dengan narasumber Kasat Samapta Polres Banjarbaru AKP Siswadi, S.H., M.M. dan Anggota KPU Kota Banjarbaru Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia Hereyanto, S.Sos, MA..